Kamis, 08 Januari 2015

SUKSES ITU HARUS

Nama                     : Fina Amrina Rosada
Nim                       : 123911123
Makul                    : Karya Tulis Ilmiah
Dosen  Pengampu : M. Rikza Chamami, MSI
                                                                      

            Kesuksesan yang diraihnya sekarang sudah pasti banyak yang mengenal namanya. Tapi siapa sangka perjuangan hidupnya mungkin masih sedikit yang tahu. Bagaimana seorang anak desa dari keluarga sederhana mampu sukses dengan ketekunannya. Lahir di Kudus, 20 maret 1980 dengan nama Muhammad Rikza. Begitulah orang tuanya memberikan nama.
            Hidup yang sederhana, dan mengalir apa adanya menjadi motto hidup yang beliau buktikan hingga membuatnya berhasil dan sukses. Sosoknya yang sederhana dan murah senyum menjadi pribadi yang mudah akrab dengan siapapun. Khususnya dengan para mahasiswanya. Beliau kini dikenal dengan nama Rikza Chamami. Menjabat sebagai dosen di Universitan Islam Negeri  (UIN) Walisongo Semarang dan mengajar diberbagai jurusan (KI, PGMI, PAI, PBA, serta TADRIS).
            Diantaran riwayat pendidikan yang beliau miliki yaitu, pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) di TK Nawakartika Kudus selama 2 tahun. Kemudian melanjutkan pendidikan Sekolah Dasar (SD) Nawakartika Langgardalem Kudus selama 6 tahun. Sebutan Bonsai menjadi nama akrab ketika itu karana beliau memiliki postur kecil. Dan keusilan kepada teman-teman menjadi cerita menarik ketika beliau harus dimarahi guru matematikanya karena usil dengan teman perempuan. Di samping pendidikan formal beliau juga ketika sore harus sekolah diniyah di Muawanatul Muslimin Kudus. Lulus Sekolah Dasar di tahun 1993, beliau harus mengulang 2 tahun di MI Kudsiah dan dalam yayasan yang sama beliau melanjutkan untuk jenjang MTs dan MA.
            Melanjutkan pendidikan di IAIN walisongo Semarang di jurusan KI dan lulus pada tahun 2004 dengan IPK 3,72. Pada tahun 2006 sempat bekerja di Jakarta kemudian menjadi Dosen tetap di IAIN Walisongo Semarang  di tahun 2008. Keaktifan di dunia jurnalistik banyak karyanya yang bisa sering kita temui di berbagai media cetak (Suara Merdeka, Wawasan, Radar Kudus, Radar Semarang, Solo Pos, SKM Amanat, Edukasi dll). Dan aktif menulis hingga memiliki beberapa karya buku diantaranya buku yang berjudul “Mengendalikan Syahwat Politik Kiai NU” (2004), “Demi IPNU” (2007), “Mengatur Media Penyiaran” (2007), “Pendidikan Kaum Sarungan” (2009), “Pendidikan Neomodernisme” (2010), “Membangun Keilmuan Pendidikan Islam” (2010), “Inspirasi Isra’Mi’raj” (2010),  “Studi Islam Kontemporer” (2012), dll.
            Kesuksesan yang beliau raih sekarang merupakan hasil kerja keras dan ketekunannya sejak kecil. Dimana orang tuanya bekerja sebagai pembuat sandal yang dipasarkan di Pasar Kliwon di daerah Kudus membuatnya dididik untuk hidup prihatin. Hingga beliau sudah bekerja sejak kecil.
            Pribadi sederhana, berwibawa serta murah senyum. Menjadikan sosok Rikza Chamami akrab pribadinya dengan para Mahasiswa. Kini kesuksesan tidak membuat beliau berubah. Dan prinsip beliau Miskin Boleh tapi Sukses Harus, dimana dibarengi dengan ikhtiar dan Usaha.

             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar